Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Bisa Memiliki Anak Setelah Pengobatan Kanker Serviks?


Ababilnews.com - Wanita yang didiagnosis pernah menderita kanker serviks umumnya sangat khawatir bahwa mereka tidak dapat memiliki keturunan. Penyebab sebenarnya dari kanker serviks adalah human papilloma virus atau human papillomavirus (HPV) yang tidak berdampak langsung pada kesuburan.

Apakah Bisa Memiliki Anak Setelah Pengobatan Kanker Serviks?


Namun, HPV meningkatkan risiko seseorang akan menderita kanker serviks, yang dapat memengaruhi kesuburan dan kehamilan pada seorang wanita. Selain itu, efek pengobatan daripada kanker serviks adalah penyebab kemandulan yang lebih mungkin.

Risiko Gangguan Kehamilan

Selain membunuh sel kanker, pengobatan kanker serviks sayangnya memiliki resiko mempengaruhi kemampuan seorang wanita untuk memiliki keturunan.

Untuk kasus yang masih belum tergolong parah, maka kanker serviks dapat ditangani dengan trachectomy radikal, yaitu dengan cara pengangkatan serviks. Namun, dalam prosedur ini, rahim dan ovarium dibiarkan sehingga memungkinkan wanita untuk bisa hamil kembali di masa depan.

Pada stadium lanjut, pengobatan kanker serviks umumnya dilakukan dengan histerektomi atau dengan cara pengangkatan rahim. Akibatnya, dengan teknik histerektomi ini, bisa membuat wanita tidak bisa hamil dikemudian hari.

Ada juga pilihan pengobatan lain, yaitu radioterapi dan kemoterapi untuk membunuh sel kanker. Sayangnya, radioterapi yang berfokus pada area panggul diketahui berpotensi merusak sel telur dan ovarium. Untuk mengantisipasi masalah kerusakan ovarium, dokter mungkin akan mengeluarkan ovarium dari sekitar area yang harus dilakukan sementara.

Kerusakan sel telur dan ovarium bisa berangsur-angsur membaik setelah pengobatan kanker servik dihentikan, tetapi bisa juga permanen. Jika kerusakan terjadi secara permanen, maka seorang wanita tidak bisa hamil lagi.

Yang perlu diperhatikan, agar kandungan seorang wanita yang sebelumnya terpapar sinar radiasi saat hamil pasti akan memiliki risiko lebih tinggi mengalami kelahiran prematur. Risiko lainnya adalah keguguran akibat bekas luka dan berkurangnya aliran darah ke rahim. Sementara, obat kemoterapi juga berpotensi merusak sel telur di ovarium sehingga risiko keguguran semakin tinggi.

Klik Next Untuk Membaca..
1 2
aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online bunga rendah aplikasi pinjaman online terbaik aplikasi pinjaman online ilegal aplikasi pinjaman online ojk aplikasi pinjaman online terpercaya aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk aplikasi pinjaman online cepat cair aplikasi pinjaman online cepat aplikasi pinjaman online yang terdaftar ojk aplikasi pinjaman online yg terdaftar ojk cara hack aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online langsung cair aplikasi pinjaman online yg terdaftar di ojk aplikasi pinjaman online cepat cair 2021 aplikasi pinjaman online tenor panjang cara menghapus data di aplikasi pinjaman online cara menghapus data pada aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online tercepat aplikasi pinjaman online tanpa npwp aplikasi pinjaman online terdaftar di ojk aplikasi pinjaman online yang aman aplikasi pinjaman online tanpa rekening pribadi aplikasi pinjaman online terdaftar ojk cara hapus data di aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online terbaru aplikasi pinjaman online termudah aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar di ojk aplikasi pinjaman online tanpa slip gaji aplikasi pinjaman online untuk mahasiswa daftar aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk cara membobol aplikasi pinjaman online cara blokir aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online tanpa ojk aplikasi pinjaman online yang cepat cair aplikasi pinjaman online yg cepat cair aplikasi pinjaman online se indonesia aplikasi pinjaman online seluruh indonesia aplikasi pinjaman online bank bri aplikasi pinjaman online dengan bunga rendah daftar aplikasi pinjaman online ilegal aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk 2021 cara nge hack aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online yang mudah
Developer Pidie
Developer Pidie Programming, Blogging Youtuber "The best of people among you are those who benefit others the most."