Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Vaksin Dengue?


Ababilnews - Apa Itu Vaksin Dengue? Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk, jumlah penderita penyakit tersebut telah banyak mewabah di berbagai tempat dan wilayah penyebarannya pun semakin meningkat.

Apa Itu Vaksin Dengue?

Pada tahun 2015, Kementerian Kesehatan RI telah mencatat terdapat 126.675 penderita DBD di 34 provinsi di seluruh Indonesia, dengan angka 1.229 diantaranya meninggal dunia.

Sejumlah langkah antisipatif telah dilakukan untuk menangani kasus tersebut, antara lain penutupan penampungan air hingga penggunaan kembali barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegepty.

Tapi tahukah Anda? Selain beberapa tindakan pencegahan preventif yang umum dilakukan oleh pemerintah, ada juga cara lain yang sedang dikembangkan untuk mencegah penyebaran penyakit ini, yaitu dengan pemberian vaksin demam berdarah. Seberapa aman dan efektif vaksin ini untuk mencegah demam berdarah? Berikut penjelasannya.

Pemberian Vaksin DBD di Indonesia

Vaksin demam berdarah pertama yang dipatenkan adalah vaksin CYD-TDV dengan merek Dengvaxia. Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara endemik DBD yang telah merekomendasikan pemberian vaksin DBD untuk mencegah penyebaran penyakit ini lebih lanjut.

Namun, ketika penelitian lebih lanjut dilakukan untuk melihat efek jangka panjangnya, vaksin terbukti kurang efektif bila diberikan kepada kelompok individu yang sebelumnya tidak pernah terinfeksi virus dengue.

Faktanya, vaksin dengue dapat meningkatkan potensi infeksi dengue dengan tingkat yang parah dan risiko dirawat di rumah sakit karena demam berdarah pada kelompok individu yang sama.

Menanggapi hal tersebut diatas, maka berbagai negara termasuk Indonesia yang sebelumnya menggunakan vaksin ini sebagai bentuk pencegahan DBD kemudian mengeluarkan sebuah rekomendasi untuk tidak menggunakan lagi vaksin Dengue jenis ini pada individu yang sebelumnya tidak pernah terinfeksi virus dengue (seronegatif).

Sementara itu, pasien yang telah diberikan vaksin dengue sebelumnya akan diawasi secara ketat untuk mengetahui kemungkinan efek sampingnya.

Klik Next Untuk Membaca..
1 2
aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online bunga rendah aplikasi pinjaman online terbaik aplikasi pinjaman online ilegal aplikasi pinjaman online ojk aplikasi pinjaman online terpercaya aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk aplikasi pinjaman online cepat cair aplikasi pinjaman online cepat aplikasi pinjaman online yang terdaftar ojk aplikasi pinjaman online yg terdaftar ojk cara hack aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online langsung cair aplikasi pinjaman online yg terdaftar di ojk aplikasi pinjaman online cepat cair 2021 aplikasi pinjaman online tenor panjang cara menghapus data di aplikasi pinjaman online cara menghapus data pada aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online tercepat aplikasi pinjaman online tanpa npwp aplikasi pinjaman online terdaftar di ojk aplikasi pinjaman online yang aman aplikasi pinjaman online tanpa rekening pribadi aplikasi pinjaman online terdaftar ojk cara hapus data di aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online terbaru aplikasi pinjaman online termudah aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar di ojk aplikasi pinjaman online tanpa slip gaji aplikasi pinjaman online untuk mahasiswa daftar aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk cara membobol aplikasi pinjaman online cara blokir aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online tanpa ojk aplikasi pinjaman online yang cepat cair aplikasi pinjaman online yg cepat cair aplikasi pinjaman online se indonesia aplikasi pinjaman online seluruh indonesia aplikasi pinjaman online bank bri aplikasi pinjaman online dengan bunga rendah daftar aplikasi pinjaman online ilegal aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk 2021 cara nge hack aplikasi pinjaman online aplikasi pinjaman online yang mudah
Developer Pidie
Developer Pidie Programming, Blogging Youtuber "The best of people among you are those who benefit others the most."