Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Efek Bisa Buruk Bagi Janin Jika Stres Saat Hamil dan Solusinya


Ababilnews - Stres saat hamil merupakan kondisi normal yang banyak dialami oleh ibu hamil. Namun jika dibiarkan terus menerus akan berdampak pada kesehatan janin. Oleh karena itu, mari kita cari tahu bersama dampak stres terhadap kesehatan janin dan cara mencegahnya.

4 Efek Bisa Buruk Bagi Janin Jika Stres Saat Hamil dan Solusinya

Jika ibu hamil dapat mengelola stres dengan baik, maka respons tubuh terhadap stres akan menurun dan tubuh akan kembali ke keadaan semula. Sebaliknya, stres yang tidak dikelola dengan baik berisiko meningkatkan hormon stres ibu yang dapat memengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan.

Berbagai Efek Stres Selama Kehamilan

Jika stres pada ibu hamil tidak dikelola dengan baik, maka kesehatan ibu dan janin bisa terganggu. Berikut beberapa masalah yang terjadi jika ibu hamil menjadi stres:

1. Mempengaruhi otak janin

Stres kronis selama kehamilan diduga berkontribusi pada kelainan pembentukan otak janin dan peningkatan risiko gangguan mental pada janin di kemudian hari. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan kaitan antara stres dan kelainan pada pembentukan otak janin.

2. Dampak terhadap tumbuh kembang bayi

Beberapa data menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidak mampu mengatasi stres dengan baik berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah atau prematur. Riset juga menunjukkan adanya keterkaitan antara stres selama kehamilan dengan peningkatan risiko gangguan perkembangan bayi, seperti ADHD dan autisme.

3. Menginfeksi pertumbuhan bayi

Stres juga bisa mempengaruhi plasenta ibu hamil. Saat ibu hamil mengalami stres, terutama pada trimester pertama, tubuh akan memproduksi hormon stres kortisol. Kadar hormon stres ini jika berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan bayi karena dapat masuk ke selaput melalui plasenta, akibatnya pertumbuhan bayi menjadi terlalu cepat. Meski efeknya tidak selalu buruk, penting untuk mengurangi stres selama kehamilan agar bayi dalam kandungan bisa tumbuh dan berkembang secara normal.

4. Penurunan suplai oksigen ke janin

Saat ibu hamil merasa cemas, tubuhnya akan memproduksi hormon stres yang dapat mempengaruhi janin, yaitu epinefrin dan norepinefrin. Produksi kedua hormon yang berlebihan ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menurunkan suplai oksigen ke rahim.

Klik Next Untuk Membaca..
1 2
Insurance Gas/Electricity Loans Mortgage Attorney Lawyer Donate Conference Call Degree Credit Treatment Software Classes Recovery Trading Rehab Hosting Transfer Cord Blood Claim compensation mesothelioma mesothelioma attorney Houston car accident lawyer moreno valley can you sue a doctor for wrong diagnosis doctorate in security top online doctoral programs in business educational leadership doctoral programs online motorcycle accident attorney orange county phoenix accident attorneys buy stock with bitcoin car accident rehab doctors doctor atlanta car accident doctor atlanta accident attorney rancho Cucamonga truck accident attorney san Antonio ONLINE BUSINESS DEGREE PROGRAMS ACCREDITED online accredited psychology degree masters degree in human resources online public administration masters degree online bitcoin merchant account bitcoin merchant services auto insurance philadelphia pa compare car insurance auto insurance troy mi seo explanation digital marketing degree florida seo company fit online classes fitness showrooms stamford ct how to work more efficiently seo wordpress tips meaning of seo what is an seo what does an seo do what seo stands for best seo tips google seo advice seo steps
Developer Pidie
Developer Pidie Programming, Blogging Youtuber "The best of people among you are those who benefit others the most."